Dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada musim kemarau Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi melakukan patroli hutan dengan sasaran wilayah Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, Jumat (21/8/2020).

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi mengatakan kegiatan patroli hutan dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya Karhutla pada wilayah Jateng.

“Hari ini kita susuri wilayah pegunungan Ungaran. Karena medan jalan yang sulit kita terpaksa harus menaiki kendaraan khusus offroad. Meski areal hutan kebanyakan dikelola perhutani tetapi soal potensi Karhutla tanggungjawab kepolisian juga,” terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Jumat (21/8/2020)

Menurut Irjen Pol Lutfi, Polda Jateng telah memberikan instruksi kepada setiap polres yang wilayahnya terdapat pegunungan maupun areal hutan dengan geografis cukup luas.

Ia menambahkan, beberapa titik sumber air juga sudah diperintahkan untuk dipetakan. Tujuannya, apabila warga mengetahui terjadi kebakaran dapat segera dipadamkan memanfaatkan sumber-sumber air terdekat.

“Khusus hasil patroli hutan kali ini di wilayah Kabupaten Semarang kondisi jalan menuju ketinggian menjadi catatan. Alhasil warga yang sehari-hari bekerja di perkebunan, atau lahan diminta ikut menjaga. Kami tadi juga sudah sampaikan supaya berperan mencegah kebakaran lahan,” katanya

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono menjelaskan jajarannya telah beberapa kali melakukan patroli hutan, baik lahan hijau yang menjadi tujuan wisata dan pertanian.

“Dari hasil patroli dan pemetaan kami yang memiliki potensi atau rawan adalah daerah tujuan wisata. Maka, kepada pengelola kami juga sampaikan agar meneruskan ke pengunjung,” ujarnya

AKBP Gatot mengungkapkan terkait antisipasi Karhutla Polres Semarang belum membentuk satuan khusus penanganan. Hanya saja, secara teknis akan bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Semarang, kepolisian turut memback up.

Leave a Reply