September 9, 2020

(1) Pemohon informasi publik mengajukan permintaan informasi lingkungan hidup ke DLH Kabupaten Semarang baik dengan cara datang langsung ke DLH Kabupaten Semarang dan lebih baik membawa surat tertulis permohonan informasi lingkungan hidup yang dimohonkan maupun melalui fax atau telepon DLH Kabupaten Semarang di (0298) 6925605.

(2) pemohon informasi lingkungan hidup harus menyerahkan dokumen identitas diri yang masih berlaku (KTP) dan menyebutkan subjek atau jenis informasi lingkungan hidup yang diminta dan cara penyampaian informasi lingkungan hidup yang diinginkan. bila permohonan tidak lengkap, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) DLH Kabupaten Semarang berhak meminta pemohon informasi publik untuk melengkapi permohonan

(3) PPID pada badan publik mencatat semua yang disebutkan oleh pemohon informasi publik dalam formulir permohonan yang disediakan oleh PPID DLH Kabupaten Semarang.

(4) pemohon informasi publik harus meminta tanda bukti/tanda terima kepada PPID DLH Kabupaten Semarang sebagai bukti bahwa pemohon informasi publik telah melakukan permintaan informasi publik ke badan publik tersebut

(5) permohonan informasi publik wajib direspon secara tertulis atau dipenuhi oleh badan publik dalam jangka waktu 10 HARI KERJA sejak permintaan informasi publik dari pemohon informasi publik diterima oleh DLH Kabupaten Semarang.

(6) DLH Kabupaten Semarang bisa meminta tambahan waktu 7 HARI KERJA lagi apabila badan publik memerlukan tambahan waktu lebih dari 10 HARI KERJA untuk merespon secara tertulis atau memenuhi permintaan informasi publik dari pemohon informasi publik

(7) apabila dalam waktu 17 HARI KERJA sejak permintaan informasi publik dari pemohon informasi publik diterima oleh PPID DLH Kabupaten Semarang, belum merespon secara tertulis ataupun belum memenuhi permintaan informasi lingkungan hidup ataupun DLH Kabupaten Semarang sudah merespon secara tertulis dan memenuhi permintaan informasi publik namun dianggap atau dinilai pemohon informasi lingkungan hidup belum sesuai permintaan informasi lingkungan hidup yang diajukan ataupun belum memuaskan pemohon informasi lingkungan hidup. maka pemohon informasi lingkungan hidup berhak mengajukan surat keberatan kepada atasan PPID badan publik

(8) apabila dalam jangka waktu 30 HARI KERJA sejak diterimanya surat keberatan pemohon informasi lingkungan hidup pada atasan PPID Dinas Lingkungan Hidup, surat keberatan pemohon informasi lingkungan hidup tersebut tidak direspon secara tertulis ataupun permintaan informasi lingkungan hidup tidak dipenuhi sesuai permintaan yang diajukan pemohon informasi lingkungan hidup ataupun surat keberatan dari pemohon informasi lingkungan hidup pada atasan PPID sudah direspon secara tertulis dan permintaan informasi publik dianggap sudah dipenuhi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Semarang namun pemohon informasi publik menganggap dan menilai respon dan tanggapan tidak sesuai dengan permintaan informasi lingkungan hidup yang diajukan oleh pemohon informasi publik pada DLH Kabupaten Semarang maka pemohon informasi DLH Kabupaten Semarang berhak mengajukan permohonan sengketa informasi publik kepada KOMISI INFORMASI sesuai tingkatan dan kewenangannya yaitu untuk badan publik tingkat Pusat ke KOMISI INFORMASI PUSAT dan badan publik tingkat Provinsi ke KOMISI INFORMASI PROVINSI